Header Ads

Aktifkan Spelling and Grammer Bahasa Indonesia pada MS Word

Aktifkan Spelling and Grammer Bahasa Indonesia pada MS Word


Kenapa Spelling dan Grammer  Bahasa Indonesia perlu diaktifkan pada Ms Word?
Jika kita terbiasa menulis berbagai karya ilmiah di Ms Word, apalagi tulisan itu akan dipublikasi ke masyarakat luas, mengaktifkan spelling checker (koreksi bahasa Indonesia) menjadi sangat penting karena dengan aktifnya spelling ini akan sangat membantu kita untuk mengkoreksi kata perkata apakah kata yang kita ketik dalam setiap kalimat sudah benar atau belum. 

Artikel ini dibuat untuk membantu anda para penulis (khusus penulis pemula seperti saya), akan sangat tidak elok (terkesan tidak profesional) jika tulisan kita banyak dinemukan kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia misalnya saja rencana mengetik kata kampus tapi yang tertulis campus hal ini bisa saja terjadi tanpa disengaja karena setelan auto complete pada Ms Word anda sedang aktif, atau memang kesalahan pada jari kita yang salah menekan tombol-tombol pada keyboard, hal ini sangat wajar terjadi apalagi kalau lagi buru-buru.

Untuk menjaga agar setiap kata yang anda ketik pada Ms Word sesuai dengan penulisan tatabahasa bahasa pada bahasa Indonesia, anda wajib mengaktifkan spelling bahasa Indonesia pada Ms Word anda (sudah saya gunakan pada Ms Word 2007). Adapun cara mengaktifkannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut di bawh ini:

  • Download File di Kamus Bahasa Indonesia di akhir tulisan ini;
  • Ekstrak file tersebut jika membutuhkan password lihat passwordnya pada akhir tulisan ini;
  • Setelah itu buka MS Word 2007 klik logo Microsoft Office yang letaknya di bagian pojok kiri atas;
  • Klik Word Option;
  • Setelah muncul window baru dengan tiltle Word Options klik menu Proofing;
  • Lihat sebelah kanan cari tombol Custom Dictionaries akan muncul window baru dengan title Custom Dictionaries;
  • Klik tombol Add, kemudian cari dan  pilih file Indonesian.dic yang anda sudah download, lalu ikuti saja dengan mengklik OK~OK sampai selesai dan kembali ke Word Options;
  • Terakhir anda tinggal restart Ms Word anda dan mulailah mengetik.

Untuk mengetahui setiap kesalahan grammer Ms Word akan otomatis akan memberi tanda-tanda sebagai berikut:
  • Jika anda salah dalam mengetik sebuah kata maka akan diberi garis bawah berwarna merah;
  • Jika anda salah membuat spasi (misalnya jarak antar kata lebih dari satu spasi) maka akan diberi garis warna biru di bawah kata tersebut.
Jadi dengan dengan aktifnya spelling dan grammer bahasa Indonesia ini akan sangat membantu dan memudahkan kita menulis berbagai karya ilmiah untuk mengindari kesalahan dalam menulis dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang benar-benar ilmiah.

Demikian artikel sederhana pada kesempatan kali ini, semoga dapat membantu meringankan tugas-tugas anda dalam hal tulis menulis. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar, sedapat mungkin akan saya respon sesuai kemampuan saya, Terimakasih.

Silahkan Download Kamus Spelling Bahasa Indonesia pada tautan dibawah ini.
Password file: www.blogon.id

NOTE: Jika masalahmu solved, jangan lupa senggol dong SAWER

Aktifkan Spelling and Grammer Bahasa Indonesia pada MS Word


Terimakasih buat kamu yang udah nyawer
semoga rezekimu semakin melimpah

Dapat update artikel Gratis:

7 komentar:

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...