Header Ads

Mudah Membuat Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Ms Word



Mudah Membuat Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Ms Word

Ketika anda akan membuat sebuah tulisan yang didalamnya terdapat tabel yang atau gambar yang cukup lebar dan tidak memungkinkan untuk dibuat pada halaman standar (portrait) pada tulisan anda, apakah yang anda lakukan? apakah anda akan memisahkan halaman tersebut dan menggabungkannya setelah dicetak (print)? atau anda akan mengikuti cara yang saya buat ini, agar anda tidak lagi memisahkan file dan juga menghemat waktu anda, dimana tidak lagi menyusun ulang hanya untuk menyelipkan halaman landscape.
Baik cerita ini hanya hasil tinjauan saya terhadap teman-teman disekitar saya yang masih menggunakan cara memisahkan setiap halaman berbeda yang berdampak pada penomoran halaman menjadi sangat ribet dan harus manual.

Ok. daripada banyak bercerita, lebih baik kita lanjutkan cara membuat posisi halaman berbeda dalam satu file sesui dengan judul "Membuat Halaman Landscape diantara Halaman Portrait". ikuti dengan saksama langkah-langkah berikut:

Pertama

Pastikan anda sudah membuka Ms Word dan membuat halaman baru untuk ujicoba sebelum anda menerapkan pada dokumen yang sebenarnya.

Kedua

Tambahkan beberapa halaman melalui tab menu Insert, kemudian pilih dan klik Page Break beberapa kali

Mudah Membuat Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Ms Word

Ketiga

Pisahkan halaman yang akan dibuat berbeda menjadi section, dengan cara: Klik dan tempatkan kursor pada akhir halaman diatas halaman yang akan dibuat halaman Landscape

Keempat

Pada tab menu Layout klik list menu Breaks kemudian pilih dan klik Next Page, dan juga lakukan hal yang sama pada akhir halaman sebagai batas akhir halaman yang berbeda.

Orietasi halaman berbeda dalam satu file pada ms Word

Dalam kasus ini akan menjadi halaman akan menjadi 3 section break

Kelima

Kemudian tempatkan kembali kursor pada section halaman yang akan dirubah orientasinya menjadi Landscape, kemudian masih pada tab menu Layout pilih Orientation dan klik menu Landscape, dan lihat hasilnya sampai pada langkah ini harusnya sudah berhasil halaman landscape diantara halaman portrait.



Lihat hasilnya harusnya seperti gambar dibawah ini

Orietasi halaman berbeda dalam satu file pada ms Word


Artikel ini dapat juga diterapkan untuk kasus sebaliknya yaitu menyisipkan halaman Portrait diantara halaman Landscape.

Demikian artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu tugas-tugas anda dalam mengolah berbagai karya tulis anda.

Contohnya silahkan unduh pada tautan di bawah ini

http://briskrange.com/540009/hal-lanscape-diantara-portrait
 

Dan bagi anda yang masih kurang puas dengan artikel ini, atau jika ada kendala dalam praktek, silahkan tinggalkan komentar atau silahkan simak tutorialnya dalam bentuk video


Dapat update artikel Gratis:

2 komentar:

  1. Trimaksh ats info x... Sangat membantu...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan, semoga bermanfaat. jika berkenan jangan lupa dishare agar lebih banyak lagi kawan kita terbantu

      Hapus

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...