Header Ads

Hati-Hati Smartphone Kena Spam chat-v dot com dari SMS

Hati-Hati Smartphone Kena Spam chat-v com dari SMS




Dunia smartphone dihebohkan lagi dengan spam baru via SMS (Short Maessege Service).
yang berisi konten SMS sangat membuat orang penasaran, karena bisa berisi nama anda: Contoh

Budi (anggap saja Nama Anda), s4ya kangen kamu, masiih ingat kita yang 10 tahun lalu? lih4t fotonya chat-v[dot]com/s/b8uxxx

Hati-Hati Smartphone Kena Spam chat-v com dari SMS


Melihat sepintas memang membuat penasaran dan tulisannya terkesan dibuat natural dan mampu menghinotis pembacanya. tidak hanya itu spammer juga mengetahui nama pemilik smartphone akan membuat semakin penasaran sehingga timbul keinginan untuk men-klik tautan (link) yang disertakan.

Saya juga tidak dapat membayangkan jika ini terjadi pada mereka yang sudah berkeluarga, bisa timbul kecurigaan, bahkan bisa menjadi penyebab perang besar (baca:pertengkaran).


Stop...! Jangan buru-buru di klik linknya. baca dulu penjelasan berikut.

Pertama perlu waspada jika meneriman SMS dari nomor yang tidak anda kenal. cermati, telusuri apakah nomor tersebut pernah mengirim SMS sejenis sebelumnya atau mungkin anda pernah berkomunikasi sebelumnya.

Berdasarkan pengertiannya spam adalah kegiatan mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara masal dan dengan jumlah yang masif tanpa kehendaki oleh penerimanya, aktivitas spam ini disebut dengan spamming dan pelakunya disebut dengan spammer. Spamming dilakukan spammer bisa bertujuan untuk promosi atau tindak kejahatan.

Dari beberapa sumber yang dihimpun bahwa Chat-V.com merupakan spam yang berbahaya. Lembaga non-profit pembela hak digital, SAFEnet, menyatakan bahwa SMS spam Chat-V memang mengindikasikan bahaya kepada para penerimanya. Bahaya yang diakibatkan bisa membuat data pribadi korban diambil, hingga peretasan smartphone.

Dikutip dari SAFEnet ada hal yang mencurigakan dari tautan untuk menginstall aplikasi adalah ada lima APK yang akan menyertainya, salah satunya yaitu base.apk dan file tersebut terdeteksi sebagai AppRisk.Generisk. Menurut situsweb Symantec, Android.Generisk termasuk deteksi umum di Android yang bisa menimbulkan risiko pada privasi, keamanan, atau gangguan stabilitas pada perangkat Android yang digunakan.

Pada kasus ini hal paling mencurigakan dalam aplikasi tersebut adalah penggunaan perintah linux “su”. Su command biasanya digunakan untuk mengubah ke pengguna lain ketika baru login. Ini hal janggal di aplikasi Android karena menandakan adanya usaha untuk mengubah super user, meski untuk itu harus dilakukan di-root-nya.


Ketika ada pertanyaan muncul, darimana pengirim SMS bisa mengetahui nama si penerima, bahkan tidak kenal sekalipun? Hal ini dapat terjadi karena si pengirim SMS spam Chat-V telah menidentifkasi dan mendapatkan nama calon korbannya dari aplikasi yang telah terinstal di perangkat lain pada kontak smartphone yang sudah terlanjur menginstalasi apps tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa pengiriman pesan sampah lewat SMS berisi tautan untuk menginstal aplikasi MiChat bisa terjadi ke banyak orang. Tidak hanya aktivis atau kelompok tertentu. Potensi ancamannya tergolong rendah dan tidak terlalu berbahaya, tetapi tetap perlu diantisipasi jika mendapatkan pesan serupa.

Sekali lagi jika anda menerima SMS berisi link yang sumbernya tidak jelas, jangan tergesa-gesa untuk men-klik link tersebut.

Sudah terlanjur klik link dan istalasi appnya? ini yang harus dilakukan


Pasang Antivirus untuk membersihkan smartphone anda dari kemungkinan peretasan dari spyware.

Jika sudah dilakukan pemasangan antivirus tapi masih curiga, sebaiknya menyetel ulang (factory reset) smartphonenya untuk membersihkan smartphone dari kemungkinan sudah terkena spyware.

Apabila sudah dilakukan semua upaya diatas dan smartphone anda masih melakukan aktivitas-aktivitas di luar kebiasaan, misalnya mengirim SMS sendiri tanpa disadari, atau hidup mati sendiri, sebaiknya memikirkan kemungkinan untuk mengganti Smarphone baru agar lebih aman.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, untuk diketahui bersama. Semoga dapat meningkatkan kewaspadaan kita serta tetap pada posisi aman dalam menggunakan teknologi.


Sumber:
https://id.safenet.or.id/2020/01/apakah-spam-chat-v-itu-berbahaya-berikut-jawabannya/
https://kumparan.com/kumparantech/waspada-sms-sebut-nama-dari-chat-v-com-bisa-bobol-hp-dan-curi-data-1sjOojTNU1L/full

Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...