Header Ads

Cara Mount NTFS Hardisk Drive (Partisi Windows) di CentOS 7

Cara Mount NTFS Hardisk Drive (Partisi Windows) di CentOS 7

Pengalaman belajar Centos 7 Server menghasilkan pengalaman baru, kronologinya begini: mulanya komputer server terinstal Windows Server dimana komputer server itu terdiri dari 2 buah hardisk 1 hardisk untuk Sistem Operasi dan beberapa software lainnya sedangkan satunya lagi khusus untuk menyimpan seluruh data dari seluruh aktivitas komputer pada jaringan data tersimpan terpusat pada hardisk ini.

Nah... karena hardisk sistem operasi rusak berat dan harus diganti, pada saat penggantian hardisk diupayakan untuk install Sistem Operasi berbasis Linux dan pilihannya adalah CentOs Server 7, satu hal menarik terjadi setelah selesai install CentOs hardisk yang digunakan untuk menyimpan data tidak dapat diakses dan menurut galat error yang ditampilkan adalah sebagai berikut :

Unable to access "250 GB Volume"
Error Mounting /dev/sdb1 at /run/media/namakomputer/CODE-BLA-BLA: command-line 'mount -t "ntfs" -o
"uhelper=udisk2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000,dmask=0077,fmask=0177""/dev/sdb1" "/run/media/namakomputer/CODE-BLA-BLA""exited with non-zero exit status 32: mount: unknown filesystem type 'ntfs'

Berdasarkan galat di atas maka diperlukan dan harus menginstall paket tambahan yaitu ntfs-3g agar system partisi NTFS dapat terbaca pada Linux.

Perhatikan beberapa langkah berikut:

Langkah 1 

Pindah ke mode Root

Pastikan anda dalam mode ROOT bukan user biasa, pelajari "Pindah Dari User Biasa ke Root (Super User) Pada Centos 7" tentang pindah  ke ROOT mode



Langkah 2 

Melakukan istalasi  epel-release dengan sintak berikut

yum install epel-release

Langkah 3 

Lakukan Instalalasi ntfs-3g pada server

yum install ntfs-3g

Langkah 4 

Membuat direktori ntfs driver yang akan di mount pada /mnt/win

mkdir /mnt/win


Langkah 5 

Mount /dev/sdb1 ke direktory ntfs driver /mnt/win

mount -t ntfs-3g /dev/sdb1 /mnt/win

Langkah  6 

Retart Komputer bila diperlukan

Langkah  ke 6 ini hanya dilakukan ketika data hardisk yang di mount belum terdeksi, kalau sudah terbaca, ya.... ga perlu direstart.


Demikian artikel sederhana kali ini semoga dapat membantu anda yang kebetulan mengalami masalah seperti yang saya alami, dan jangan lupa berikan informasi apakah anda berhasil menerapkan artikel ini, sehingga minimal dapat dijadikan referensi bagi teman-teman lain yang sedang belajar menggunakan linux khususnya CentOs server 7.

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...