Header Ads

Ini Beda Laptop, Notebook dan Netbook yang Harus Diketahui

Ini Beda Laptop, Notebook dan Netbook yang Harus Diketahui


Tidak bisa dipungkiri lagi sekarang ini teknologi komputer sudah begitu canggih, mulai dari desain model yang semakin menarik dan terus bertransformasi untuk membantu dan memudahkan tugas-tugas manusia, namun dibalik kencanggihan dan cepatnya transformasi model yang telah menghasilkan berbagai bentuk dan kategori yang dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, khususnya komputer portable (baca: komputer jinjing) mungkin akan membuat sebagian orang awam sedikit kesulitan membedakannya.

Saat ini, jika anda pergi ke toko komputer dan ingin membeli laptop mungkin akan ditunjukkan dan menawarkan seluruh jenis komputer portable yang tersedia, barangkali karena ketiga jenis komputer itu sama-sama bersifat portable atau dapat dibawa dengan mudah.

Jika anda kebetulan mencari informasi dimana letak perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook admin akan mencoba menjelaskan sebagai pengetahuan saja namun ini hanya perspektif pengalaman saja.

Yang akan dijelaskan disini hanya bersifat teknis saja agar lebih fokus dan dapat lebih mudah difahami.

Laptop

Lapatop merupakan komputer portable generasi pertama dengan tujuan agar mudah dibawa, tidak spserti komputer desktop yang agak sulit dibawa-bawa karena terbagi atas beberapa bagian yang terpisah seperti CPU, monitor, keyboard dan mouse. Akan tetapi berbeda dengan laptop, sesuai dengan terjemahannya melalui KBBI Online Laptop adalah "komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakup papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang (recharge)".

Dimensi laptop ini juga agak tebal dan berukuran lebih lebar, demikian juga dengan spesifikasi perangkat laptop juga sangat baik.

Notebook

Komputer portable generasi berikutnya sudah memiliki ukuran lebih ramping dibanding dengan laptop dengan demensi layar kisaran 12~14 ichi, tapi pada saat ini spesifikasi hardware juga tidak kalah dan tidak jauh berbeda dengan laptop.

Netbook

Komputer portable jenis ini memiliki ukuran yang sangat ramping dan dimensi layar juga sangat mungil kisaran 11 ichi ke bawah, begitu juga dengan spesifikasi hardware netbook ada beberapa fitur yang ditiadakan seperti tidak memiliki cdrom, RAM juga rata-rata 2Gb, VGA juga sangat terbatas. sesuai dengan peruntukkannya netbook memang dibuat untuk memudahkan bagi mereka yang sering berpergian namun tetap dapat melaksanakan tugas-tugasnya layaknya menggunakan laptop atau notebook dan mungkin salah satu alasan yang masuk akal adalah agar harga lebih terjangakau.

Kesimpulan

Dengan demikian dapat disimpulkan perbedaan dari ketiga jenis komputer portable di atas terletak pada dimensi dan spesifikasi hardware. Jadi ketika akan membeli laptop sudah ada gambaran apakah anda memilih berdasarkan jenis, ukuran, spesifikasi hardware dan software atau bahkan tertarik berdasarkan merek tertentu. Namun saya sendiri ketika membeli komputer portable saya lebih memilih untuk mempertimbangkan fungsionalitas kemudian menyesuaikan spesifikasi hardware.

Jika anda mempunyai pendapat lain tentang perbedaan dari ketiga jenis komputer portable di atas atau memilik tips lain agar mendapat membeli komputer sesuai dengan kebutuhan, silahkan sampaikan pada kolom komentar ya...., agar mereka yang lagi membutuhkan informasi seperti ini dapat terbantu.

Kira-kira demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua.


Dapat update artikel Gratis:

1 komentar:

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...