Header Ads

Open Journal System (OJS) Terbaru untuk Mengelola Jurnal Online


Sekarang sudah jaman teknologi serba online, membuat dunia pendidikan terus berbenah mengikuti perkembangan jaman, salah satunya adalah untuk memudahkan akses public ke sebuah karya ilmiah seperti jurnal maka cara yang paling tepat dilakukan adalah melalui pengembangan jurnal online, dan salah satu aplikasi untuk publikasi jurnal adalah Open Journal System (OJS).


OJS merupakan Aplikasi yang digunakan untuk mengelola jurnal ilmiah secara online yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.

OJS memungkinkan pengelola jurnal untuk migrasi dari sistem pengelolaan offline menjadi online, misalnya saja sebuah naskah manuscript yang dikirim oleh penulis kemudian melalui beberapa tahap proses seperti reviewing, tracking, dan hal lain yang diperlukan sampai pada akhirnya naskah manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal online

Oleh karena itu, penggunaan OJS sangat cocok untuk kondisi di Indonesia yang secara geografis sangat luas, jadi penulis dan proses reviewing dapat dilakukan secara online dari mana saja selama ada koneksi internet. tidak hanya itu dengan adanya jurnal online anggaran juga dapat dihemat salahsatunya tidak lagi menggunakan kertas atau bersifat paperless.

Tentang  OJS


Pada tahun 2013 silam OJS dirilis dengan nama OpenJournalSystems.com yang berkantor pusat di Phoenix, Arizona. Sejak saat berdiri OpenJournalSystems.com telah membantu para profesional akademis, lembaga penelitian, dan universitas di seluruh dunia untuk membuat jurnal online menggunakan perangkat lunak OJS dan hingga saat ini OJS sudah menjadi tuan rumah lebih dari 200 jurnal dengan akses terbuka.

Aplikasi OJS ini terus dikembangkan dan disesuiakan dengan kembutuhan pasar, dan saat ini sudah sampai pada OJS versi 3.x  dimana memiliki banyak fitur baru dan lebih baik daripada OJS 2.x termasuk alur kerja yang lebih dinamis dan dapat disesuaikan.

OJS 3.x juga memiliki desain yang lebih ramping dengan peningkatan fleksibilitas untuk peran, tugas, dan manajemen file. OJS 3.x telah secara dramatis meningkatkan pengalaman pengguna dengan kejelasan yang lebih baik sambil terus memberikan landasan fungsionalitas inti yang kuat yang memungkinkan penerbit untuk memenuhi beragam persyaratan dan praktik.

OJS juga memiliki tim programmer yang ahli dibidang pemrograman berbasis WEB sehingga dapat membantu anda untuk mengkostumisasi sesuai kebutuhan anda namun anda harus menyiapkan biaya programmer sebesar $75 / jam, akan tetapi jika anda memiliki kemampuan dan menguasai pemrograman PHP dan MySQL tidak ada salahnya mencoba untuk mengkostum sesuai kebutuhan anda, tapi harus hati-hati dan teliti agar dikemudian hari dapat menyesuaikan dengan versi baru yang akan datang.

Nah bagi anda yang bertugas sebagai pengelola jurnal online dan tertarik mencoba OJS untuk mengelola jurnal online anda silahkan unduh melalui tautan di bawah ini.




Setelah selesai mengunduh lakukan instalasi, tapi sebelumnya anda memerlukan  XAMPP sebagai server lokal dengan kebutuhan sistem yang sesuai OJS agar dapat berjalan dengan normal.

Kebutuhan sistem standar OJS adalah sebagai berikut:
  • Versi PHP lebih besar atau sama dengan 5.6.0;
  • Jika menggunakan basisdata MySQL minimal versi 4.1 atau jika basisdata memakai PostgreSQL maka gunakanlah versi  9.1.5 atau terbaru
  • Versi Apache minimal 1.3.2x atau versi 2.0.4x atau juga anda bisa menggunakan Microsoft IIS 6
  • Sistem Operasi (OS): OJS dapat bekerja diberbagai OS seperti Linux, BSD, Solaris, Mac OS X, Windows
 Silahkan baca Panduan Cara Instalasi OJS (Masih saya susun, mohon bersabar)

OJS Theme

 OJS juga menawarkan berbagai Theme untuk mempercantik tampilan (artarmuka) jurnal online anda, akan tapi anda harus membeli dengan kisaran harga $ 450  sampai dengan $ 3000, namun jika anda mempunyai keahlian HTML dan CSS mungkin anda bisa membuat Theme sendiri.

Hosting

Untuk memudahkan OJS juga menyediakan hosting dengan 3 pilihan Basic, Professional dan Institutional. Jika anda membeli salah satu hosting ini maka anda akan mendapat fasilitas berikut:
  • Free OJS Installation
  • Fully Optimized for OJS
  • Free Responsive Theme
  • Dedicated Secure Server
  • Free OJS Upgrade
  • Dedicated cPanel
  • Free Basic Support
  • SSH Access
  • Free Priority Bug Fixes
  • Full Server Statistics
  • Free DOI Assistance
  • 24/7/365 Support
Berdasarkan kategorinya harga langganan hosting yang ditawarkan oleh OJS mulai $ 460 / tahun,
Untuk lebih lengkapnya silahkan anda kunjungi laman resmi OJS

Demikian informasi singkat tentang OJS ini, pilihan tetap pada anda apakah memilih instalasi, theme dan juga hosting dilakukan sendiri atau memilih sebagian layanan OJS ataukah menggunakan seluruh layanan OJS untuk meringankan beban tim IT anda dan juga akan memudahkan anda mengkostum dan juga memudahkan saat melakukan upgrade aplikasi jurnal anda nantinya.

Sumber informasi OpenJournalSystems.com akses 6~8 Juni 2018


Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...