Header Ads

3 Cara Membuka file ISO



3 Cara Membuka file ISO

Format file dengan ektensi ISO merupakan sebuah bentuk file CD atau DVD dalam bentuk digital yang dapat dibuat dengan dua cara yaitu memindahkan dari media CD atau DVD dan dapat juga dibuat dari data yang ada di komputer dengan bantuan software tertentu, misalnya menggunakan Nero atau software lain yang memiliki tujuan sama.

Tetapi bagi anda yang sudah memiliki file ISO (entah dari hasil unduhan atau buat sendiri), yang saya ketahui ada tiga cara untuk membukanya:

Pertama menggunakan Winrar

Kenapa pertama menggunakan winrar? karena rata-rata laptop (dengan Sistem Operasi Windows) sudah diinstal dan dilengkapi dengan Winrar yang biasa digunakan untuk membuka file yang sudah dikompress atau dibungkus dan dikecilkan ukurannya.
Dengan software Winrar ini tidak hanya dapat membuka file berektensi RAR, ZIP dan beberapa ektensi lainnya, tetapi juga dapat membuka file ISO, namun anda harus mengaktifkan terlebih dahulu, perhatikan cara mengaktifkannya:
  1. Buka Winrar bisa dari Windows menu atau dapat juga dilakukan dengan cara membuka salah satu file dengan ekstensi RAR;
  2. Pilih menu Oftions =>klik submenu Setting;
  3. Setelah tampil jendela baru pilih dan klik tab menu Integration, kemudian beri tanda centang pada ISO, kemudian klik OK.
  4. Selesai, dengan tiga langkah ini anda sudah dapat membuka file ISO
Setelah melakukan Setting, cara membuknya adalah filih dan klik kanan file ISO yang akan anda buka, kemudian pilih Open wit WinRAR.



Ke dua menggunakan Daemon Tools


DAEMON Tools  adalah sebuah tools yang dapat menciptakan sebuah virtual drive di komputer anda. Vitual drive atau bisa juga disk image ini nantinya dapat di fungsikan untuk membackup data-data CD/DVD/HD DVD/Blu-ray discs. Selain untuk membackup, dengan daemon tool kita juga bisa membuka file-file image seperti *.b5t, *.b6t, *.bwt, *.ccd, *.cdi, *.cue, *.nrg, *.pdi, *.isz 

Cara menggunakan sama persis dengan menggunakan Drive CD/DVD Room biasa, hanya bedanya CD/DVD yang digunakan dalam bentuk IMAGE atau virtual CD/DVD


File size : 8.74MB (9,161,776 bytes)
Requirements : Windows 2000 / XP / 2003 / Vista / Windows7 / XP64 / Vista64 / Windows7 64

UPDATE :
Sekarang sudah ada versi DAEMON Tools Lite 4.40.2, silahkan di download disini.
Semmoga Bermanfaat.

Ke Tiga Burning menjadi CD/DVD

Nah bagi anda yang memiliki CD/DVD ROM/RW anda juga dapat memanfaatkan perangkat ini untuk mengcopy kebentuk hardcopy, silahkan burning terlebih dahulu file ISO yang ingin anda buka ke sebuah CD/DVD yang tentunya anda bisa membeli, caranya bisa mengcopy dengan Nero atau software sejenis lainnya. setelah selesai burning ke CD/DVD anda sudah dapat membuka sesuai peruntukan file ISO tersebut (bisa untuk bootable, data biasa, sotware Installer lainnya).


Demikian pengalaman membuka dan menggunakan file ISO yang sudah saya terapkan sebelum menulis dan membaginya untuk anda semua, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...