Header Ads

Sintaks Hightlight Source Code pada Ms Word



Sintaks Hightlight Source Code pada Ms Word

Bagi anda yang sekolah atau kuliah dibidang yang berhubungan dengan pemrograman, bisa jadi ketika anda membuat laporan, entah itu tugas, laporan pkl atau bahkan skripsi anda akan memuat sebagian bahkan seluruh source code program yang anda buat.

Nah kadang kita ingin memasukkan struktur source code ke Ms Word harus sama atau minimal mirip dengan struktur source code yang ada pada source code editor, hal ini dapat tangani dengan menggunakan NotePad ++.

Jika anda ingin membuat lampiran yang berisi  Source Code (Kode Program) dengan model yang sama seperti pada bahasa pemrograman yang anda buat, mungkin TIPS di bawah ini dapat membantu agar tampilan kode progam yang kita buat terlihat rapi alias tidak acak-acakan.

Silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Jika Belum Punya NotePad ++ Download di :DISINI atau kalo ada gunakan versi terbaru;
  2. Setelah selesai download silahkan install NotePad++ pada komputer;
  3. Buka source code menggunakan Notepad ++ yang nantinya akan anda salin ke Ms Word.
  4. Setelah terbukan silahkan perhatikan pada menu bar, klik di bagian plugins => NppExport => Copy all format to clipboard.
  5. Kemudian buka Ms Word dan Paste, jika anda sudah melakukan dengan benar maka struktur dan format source code pada notepad++ akan ikut terbawa ke Ms Word anda.
  6. Bila langkah #4 tidak berhasil (masih agak kacau), pilih plugins => NppExport => Copy RTF to clipboard, kemudian paste-kan kembali di Ms Word Anda. Harusnya ini akan menyelesaikan masalah pada langkah #4.
  7. Selesai


Demikian pengalaman sederhana ini saya bagikan semoga memberi manfaat bagi kita semua.

Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...