Header Ads

Kisah Duka dan Suka Menjadi Seorang Blogger


Kisah Duka dan Suka Menjadi Seorang Blogger

Salam hormat kepada blogger mastah...
Salam hangat kepada blogger pemula...

Bagi Blog-blog besar yang sudah sukses gajian bahkan meraup keutnungan dari blog mereka, mereka rata-rata membuat judul artikel "pengalaman suka duka menjadi blogger", akan tetapi dalam artikel saya ini justru saya membuat judul artikel yang berbeda, bukan karena mengada-ada, tapi lebih didasarkan pada kenyataan yang saya alami terjun kedunia blogger "Kisah Duka dan Suka menjadi Seorang Blogger" alasannya karena dimulai begaimana susah payah membangun blog ini yang akan menuai suka (setelah berhasil).

Semoga anda tidak bosan membaca cerita saya ini, yang disusun sesuai dengan apa yang saya alami tanpa ada rekayasa, dan tidak ada maksud lain apalagi menimbulkan kerugian bagi anda sebagai pembaca maupun orang lain.

Niat awal berangkat menjadi seorang blogger adalah sebagai catatan atau diary atas apa yang saya alami dan juga kiranya berbagi pengetahuan yang saya miliki kepada teman-teman dan juga, namun seiring berjalannya waktu sambil berselancar dalam mencari referensi bagaimana tips mengembangkan sebuah blog, saya menjadi tertarik dengan beberapa blog yang bisa gajian dari blog yang dikelola, dari situlah timbul keinginan saya untuk mencoba keberuntungan dalam dunia blog, yah minimal bisa mebayar domain TLD yang saya gunakan ini.

Akhirnya saya berusaha melengkapi dan memoles blog saya agar memenuhi syarat untuk mendaftar di Google Adsense (GA), sembari mencari beberapa informasi tentang tips ampuh agar diterima GA, tetapi banyak diantara mereka mengatakan sudah ditolak berkali-kali oleh GA, pada saat itu hampir saja saya mengurungkan niat untuk ikut mendaftar GA apalagi artikel yang ada pada blog saya ini hanya artikel sederhana berisi tentang tutorial campuran (gado-gado) tapi secara general rasanya masih berkaitan dengan dunia Teknologi Informasi.

Setelah saya melengkapi blog saya tanpa berfikir panjang saya mencoba mengajukan permohonan menjadi penayang iklan di GA, namun saya menunggu hari demi hari, minggu demi minggu bahkan sudah berbulan-bulan tidak juga mendapatkan informasi apapun, apakah blog saya akan diterima atau di tolak sekalian (rasanya seperti digantung), dalam penantian itu setiap ada waktu luang dan pengalaman baru saya berusaha tetap menulisnya menjadi sebuah artikel karena berdasarkan niat awal sebagaimana telah saya sampaikan diatas saya harus tetap mencatat dan berbagi kepada sesama.

Mungkin ada benarnya berkat kesabaran sekali daftar di GA, blog saya ini ternyata diterima sebagai penayang iklan.


Setelah diterima oleh GA, kemudian saya membeli template premium agar blog dengan domain TLD lebih terkesan profesional.



Dengan diterimanya blog saya sebagai penayang iklan, saya semakin semangat menulis hampir tidak mengenal waktu, menurangi jam bergaul, bahkan sampai larut malam saya duduk di depan komputer hanya menyusun kata demi kata menjadi sebuah artikel dengan harapan, sekali menulis artikel tiga hal akan saya dapatkan, (1) Memiliki catatan/rekaman pengalaman, (2) Bisa membantu teman-teman menyelesaikan masalah yang serupa dengan yang saya alami, dan (3) mendapat penghasilan dari ngeblog.
Tidak hanya berhenti disitu saya juga mulai memperkenalkan mungkin bahasa gaulnya mempromosikan blog ini ke teman-teman melalui media sosial yang saya miliki, tetapi sayangnya mereka tidak begitu merespon, barangkali mereka tidak memiliki ketertarikan dengan artikel yang saya bagikan,

Disisi lain saya juga menerepakan SEO pada blog ini agar dapat pengunjung organik (langsung dari google) sebagaimana yang dilakukan para mastah yang telah mereka tulis dan sajikan untuk para blogger pemula seperti saya, sepertinya ini berhasil karena pengunjung saya mulai merangkak naik sekarang beberapa dari artikel saya sudah mulai nongol di halaman pertama google.

Setelah hampir 1,5 tahun (dihitung sampai saat artikel ini terbit) saya menulis artikel sambil mencoba terus membenahi blog ini,  tampilan halaman (pageview) sudah mulai menunjukkan trafik dengan grafik sudah mulai menaik, namun sayang tidak berbanding lurus dengan tampilam halaman yang ada di dasbord GA, entah kejadian seperti ini biasa adanya atau memang kekurangan pahaman saya, jujur saya belum mengerti betul cara menempatkan iklan yang baik karena saya sedapat mungkin menhindari kesalahan yang melanggar TOS GA.

Perlu anda ketahui pengalaman saya selama diterima oleh GA sebagai partner penayang iklan pada blog ini saya baru mengumpulkan beberapa rupiah kalau saya hitung rata-rata Rp.272/hari sedangkan biaya paket internet saja yang saya keluarkan Rp.80.000/bulan, ditambah lagi biaya domain Rp.250.000/tahun kalau saya rata-ratakan biaya paket internet+dan biaya domain = Rp.3.350/hari,
(belum lagi kalau saya masukkan biaya ngopi, susu, dan lain-lain hehe... ga yang dalam kurung ini hanya becanda ya biar ga terlalu tegang....)

Dengan melihat pendapatan dan pengeluaran di atas sudah dapat bayangkan jangankan gajian yang setimpal dengan jerih payah begadang saat menulis artikel apalagi sampai meraup keutungan untuk bayar paket internet dan biaya domain saja belum cukup.

Sekali lagi saya menulis pengalaman saya ini tidak ingin menyurutkan niat anda menjadi seorang blogger karena masih banyak para blogger diluaran sana mengatakan menjadi blogger sangat menjanjikan.

Saya termasuk agak beruntung (menurut saya pribadi) karena kembali pada niat awal menjadi seorang blogger adalah untuk mencatat pengalaman dan berbagi, akan tetapi saya juga tidak pungkiri tetap berharap bisa gajian dari blog saya ini.

Demikian pengalaman saya 1,5 tahun menjadi seorang blogger, semoga kelak saya dapat memperbaharui artikel ini setelah nanti saya benar-benar menerima gajian dari blog ini.


Motivasi untuk diri saya mungkin juga untuk anda agar tetap semangat menulis artikel "Berbagi, Berteman, Berhasil baru Bahagia" maksud saya untuk mencapai kebahagian utamakan berbagi walaupun hanya berupa artikel sederhana, kita akan memiliki banyak teman kalau beruntung malah banyak penggemar, dengan banyaknya teman/penggemar yang berkunjung baru kita memikirkan hasil bahkan mungkin tantinya penghasilan itu akan mengejar seiring dengan lajunya kita berbagi.

Jika ada yang kurang silahkan ditambahi ya melalui kolom komentar.
Salam Blogger

2 komentar:

  1. Gajian dari GA anggaplah sebuah bonus atas karya kita gan. Yang terpenting, berusahalah untuk selalu berbagi hal yang semoga saja bisa bermanfaat bagi banyak orang. Dengan selalu berbagi kebaikan, maka hasil baik sudah tentu dengan sendirinya akan datang.

    Sukses & semangat selalu ... salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali agan, saya sangat berharap kepada teman-teman yang baru mulai bahkan baru niat menggeluti dunia blogger merubah pola pikir bahwa memiliki penghasilan dari blog memang baik, tetapi berbagi jauh lebih utama.

      Salam kenal, semoga sukses selalu

      Hapus

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...