Header Ads

Mengatasi Update Otomatis Pada Windows 10 (Menghemat Kuota)


Pengalaman baru lagi di Windows 10 yang baru saya sadari ketika menggunakan paket internet berbasis kuota, setiap saya terkoneksi dengan internet melalui hotspot smartphone pada laptop dengan Sistem Operasi Windows 10 kuota internet saya cepat sekali habis, sepertinya tidak masuk akal padahal saya tidak menggunakan untuk download atau streaming. Sampai pada suatu ketika munculah Windows Asistent yang mengatakan  kira-kira begini :"membutuhkan koneksi internet untuk menlanjutkan unduhan untuk update windows 10", nah disinilah saya mulai curiga kemungkinan besar ini adalah salah satu penyebab habisnya kuota internet saya. setelah saya periksa teryanta memang ada beberapa update yang sudah terpasang pada laptop yang biasa saya gunakan.

Jika anda juga ingin memeriksa histori hasil update windows 10 anda caranya sebagai berikut:
 
  • Klik logo Windows (Windows Flag)
  • Klik Setting;
  • Klik Update & Security;
  • Pada menu sebelah kiri klik Windows Update dan lihat disebelah kanan klik Advanced options;
  • Kemudian perhatikan sebelah kanan pada menu tab Advanced options klik View your update history



Oleh karena kejadian itu saya kembali menulis untuk berbagi kepada anda dan sekalian saya simpan sekedar sebagai catatan/rekaman kalau nanti dapat masalah yang sama atau lupa caranya.

Nah... kalau anda mengalami hal serupa dan karena keterbatasan kuota internet, anda dapat men-disable atau mematikan fitur Auto Update Windows khusus pada Windows 10 karena pengaturan pada windows versi dibawahnya porsesnya juga cukup berbeda dan lebih sederhana.

Cara ini hanyalah salah satu cara diantara berbagi teknik dan trik yang lebih komplek, berikut ini adalah petunjuk menurut saya paling sederhana dan sangat cocok buat mereka yang masih awam dengan Windows 10

OK sekarang perhatikan cara dan ikuti langakah-langkah berikut sesuai dengan apa yang saya terapkan pada laptop saya:

  • Klik logo Windows 10 (windows flag) disudut kiri-bawah, kemudian ketikan Change Wifi Settings, lalu klik;
  • Disebelah kanan menu pilih dan klik Advanced Options, dan kita akan diarahkan pada jendela baru;
  • Lihat Metered Connection pada bagian ini di windows 10 kita bisa mengatur jika memang kita memiliki kuota terbatas, maka kita dapat mengatifkan Set as Metered Connection menjadi ON;

Dengan melakukan pengaturan ini, windows tidak akan melakukan update windows secara otomatis, tetapi windows akan menanyakan apakah kita akan menguduh update terbaru, jika anda merasa update/pembaruan windows itu sangat penting, sebaiknya biarkan windows melakukan pembaruan sistem operasi anda.



Sekali lagi perlu saya sampaikan pengaturan ini hanya berlaku jika kita mengakses internet melalui koneksi Wi-Fi/Hotspot. untuk pengaturan koneksi melalui Lan atau Modem mungkin perlu pengaturan khusus yang semoga saya dapat mencobanya sebelum membagikan untuk anda, atau jika anda sudah pernah menguji dan berhasil silahkan berbagi melalui kolom komentar dibawah ini.

Demikian pengalaman sederhana kali ini semoga memberi manfaat buat kita semua.

Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...