Header Ads

Cara Install dan Menggunakan Font Devanagari pada Ms Word




Hai... apa kabar penulis!
Pada artikel sebelumnya saya sudah menyajikan artikel tentang Menulis Huruf Hanacaraka (Bali Simbar) Pada Ms Word kali ini kita masih membahas tentang huruf yaitu bagaimana cara instalasi dan menggunakan huruf dewanagari pada Ms Word.

Sesungguhnya saya tidak memiliki keahlian dalam menulis apalagi dalam bahasa Sansekerta, akan tetapi akan mencoba membagikan pengalaman bagaimana anda dapat menulis bahasa sansekerta menggunakan huruf devanagari.


Pengalaman ini berawal dari satu permintaan orang yang gemar menulis dan ingin menekuni bahasa basa sansekerta, maka kemudian saya berusaha mencari dengan menelusuri pada mesin pencari, kemudian menemukan sebuah tautan yang menyatakan bahwa: agar dapat menulis dalam bahasa sansekerta kita perlu mengistal huruf dewanagari di unggah oleh sanskritdocuments.org.
Terimkasih dan penghargaan yang tinggi kepada sanskritdocuments.org karena ungahan huruf dewanagari ini sanggat bermanfaat.

Jika anda tertarik untuk menggunakan huruf devanagari silahkan ikuti petunjuk berikut:

Cara Instalasi

  1. Silahkan unduh file xdvng.zip untuk windows dengan cara klik tautan dibawah ini, kemudian klik skip warna kuning di pojok kanan atas;

    download font devanagari
  2. Kemudian ektrak file xdvng.zip maka akan ada 2 file di dalamnya XDVNG1__.TTF dan README;
  3. Kemudian klik 2 kali file XDVNG1__.TTF, lalu klik install

Cara Menggunakan


Setelah melakukan instalasi huruf dewanagari, agar dapat menggunakannya anda hanya perlu membuka Ms Word, kemudian pilih dan ganti jenis fontsnya menjadi Xdvng, maka anda sudah dapat menulis dalam bahasa sansekerta pada Ms Word menggunakan fonts Devanagari.





Demikian artikel singkat ini semoga anda semakin mahir dalam karaya tulis menulis dan dapat menguasai bahasa sansekerta, dan jangan lupa untuk berbagai kepada yang lain.
semoga bermanfaat.

Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...