Header Ads

Copas (Copy-Paste) dari Internet ke Ms Word Tanpa Mengganggu Format yang Sudah Ada


Copas (Copy-Paste) dari Internet ke Ms Word Tanpa Mengganggu Format yang Sudah Ada

Berawal dari pengalaman membantu teman untuk memperbaiki format tulisan yang ia buat dan beberapa bagian isi tulisan itu adalah hasil kutipan dari beberapa website. Setelah saya melihat hasil copy paste yang dilakukan ternyata cukup membuat format tulisannya menjadi berantakan, seperti, paragraf yang tidak teratur, jenis huruf (font) yang berbeda, dan juga terdapat tautan aktif (link) yang ikut terbawa saat melakukan copy paste. Nah... oleh karena itu saya akan berbagi untuk anda yang gemar mengutip dari internet (tapi jangan juga kebanyakan ngutip ntar malah kena plagiat, malah berabe tulisannya).

Sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pertama

Seteleh anda menemukan website referensi di dunia internet silahkan blok seperti biasa (bagi yang belum pernah caranya: klik kiri pada mouse dan tahan kemudian gerakan mouse sesuai dengan kebutuhan anda untuk memilih teks yang akan di kutip, setelah selesai lepaskan mouse dan tekan ctrl + C pada keyboard), tetapi perlu anda ketahui tidak semua konten pada website dapat dicopy, hal ini sangat tergantung pada kebijakan yang terapkan oleh masing-masing  pemilik website. karena ada juga yang mendisable atau menonaktifkan mode copy pastenya yang artinya mereka melarang untuk men-copy konten websitenya.

Nah disini yang akan kita bahas adalah website yang tidak dibatasi untuk anda kutip kedalam Ms word.

Langkah Kedua

Caranya cukup mudah, setelah anda melakukan seleksi dan copy, sekarang anda masuk ke Ms Word dan posisikan kursor pada tempat untuk menempelkan (paste) hasil copy sebelumnya;

Langkah Ketiga

  1. Cara pertama dengan hotkey (lebih mudah menurut saya)
    Tekan ctrl + alt + V pada keyboard
  2. Cara kedua
    Klik tanda panah kecil di bawah icon paste, kemudian pilih dan klik Paste Special, perhatikan gambar di bawah ini

    Copas (Copy-Paste) dari Internet ke Ms Word Tanpa Mengganggu Format yang Sudah Ada

Langkah Keempat

Setelah tampil dialog baru pilih dan klik Unformatted Text, kemudian klik OK;

Copas (Copy-Paste) dari Internet ke Ms Word Tanpa Mengganggu Format yang Sudah Ada

 

Langkah Kelima

Dan langkah kelima merupakan langkah terakhir, anda hanya perlu merapihkan sedikit hasil copas anda sesuai dengan kebutuhan.

Demikian artikel ini saya buat untuk membantu anda, semoga anda semakin semangat menulis dan menghasilkan karya tulis yang mendunia.

Jika dari paparan diatas ada yang masih belum difahamai, silahkan anda tinggalkan komentar ya.

Silahkan simak video di bawah, untuk melengkapi artikel ini




Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...