Header Ads

Cara Recovery File Photo yang Terhapus dari SD Card 99% Berhasil

Cara Recovery File Photo yang Terhapus dari SD Card 99% Berhasil


Sebelum membahas bagaimana cara me-recovery file photo yang terhapus dar SD Card atau memory kamera digital, sedikit saya akan berbagi kisah yang menurut saya menarik untuk saya ceritakan, siapa tau anda salah satunya.....Sering sekali saya mendapat telephon dari teman-teman bahkan ga jarang didatangi langsung dengan keluhan beragam (mengenai kehilangan file) diantaranya kira-kira begini:

 

Tolong dong saya udah banyak mengambil photo kok dimemorinya kosong?
 

Setelah saya periksa ternyata ada hanya nama foldernya saja berbeda, gapapa maklumi saja mungkin mereka lagi panik karena filenya penting;

Tolong dong cek kartu memori saya, tadi saya buka di komputer teman semua file photonya ada, begitu dibuka dikomputer saya, semua photo ga ada bahkan semua folder dan file yang lainpun hilang, bantu please....!?


Setelah saya periksa ternyata komputernya teridikasi mengidap virus local yang mampu menyembunyikan file, gapapa mungkin mereka tidak pernah mengupdate lagi antivirusnya;


Tolongin, giamana ini saya belom sempat memindahkan file photonya dari memori ke komputer sudah dihapus, waduh mohon bantuannya kamu kan anak IT..... mana filenya penting banget kalau ga ada foto itu dana yang saya usulkan tidak bisa dicairkan... ! sambil raut wajah sedih dan panik.!
 
Saya pikir lebay banget yah..., apa hubungannya anak IT dengan terhapusnya photo di memori card? ya ga hehe, tapi  gapapa tanggung jawab sebagai anak IT hehe... bukan, karena rasa ingin membantu saja, saya coba periksa ternyata memang semua file pada SD cardnya sudah dihapus.

Itulah sebagian kecil contoh keluhan mereka, tapi setelah saya fikir dan saya hitung-hitung pasti ada teman-teman diluaran sana mungkin termasuk anda mengalami kasus serupa entah file photonya terhapus atau sengaja dihapus tapi ingin mengembalikannya lagi, semoga tutorial berikut ini dapat membantu.

Agar dapat melaksanakan misi mengembalikan file photo yang hilang atau terhapus (delete) kalao terformat saya belum pernah nyoba ya, biar ga salah persepsi, kita membutuhkan sebuah software dengan nama CardRecovery v410 build 1220.

Informasi Software CardRecovery v410 build 1220:


CardRecovery is a photo recovery software to recover photos from digital memory cards.
CardRecovery is a photo recovery software for digital memory card used by digital camera. It can effectively recover lost/deleted/corrupted photos from various memory cards. It supports most memory card types including SmartMedia, CompactFlash CF, Secure Digital Card SD, Memory Stick, MicroDrive, xD Picture Card, Multimedia Card MMC and more.

System Requirements


  • Microsoft Windows 95/98/NT/2000/ME/XP/2003/W7/W10 saya pernah gunakan pada WXP/7/10
  • RAM 64MB or above
  • Free Hard Drive Space 2 MB for Installation, 128MB or Above for Photo Scan & Recovery
  • A Memory Card Reader if Your Card/Camera Cannot Appear As a Drive Letter in "My Computer"


Catatan : karena berkaitan term dan etika blog ini, jadi saya tidak menyediakan link download untuk software CardRecovery v4.10, silahkan anda berselancar sendiri di googel. saya hanya merekomendasikan ke situs resminya CardRecovery versi terbaru, sampai artikel ini diterbitkan harga software ini USD $39,95 atau pilih yang free saja untuk mencoba.

Jadi para "anak IT" jangan sedih ketika anda menolong orang lain hanya dapat ucapan "makasih ya...." atau hanya sekedar pujian saja dari orang yang anda tolong, saya tahu padahal anda membutuhkan waktu berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mengembalikan datanya, belum lagi jika anda menggunakan lisensi resmi yang harganya ratusan ribu rupiah, yakinlah rejeki orang suka menolong itu datangnya dari mana-mana...semangat!

 

Petunjuk Recovery File Photo yang Terhapus dari SD Card


Jika anda sudah memiliki sofwarenya entah dengan cara unduh atau dapat dari teman, silahkan ikuti pentunjuk berikut ini:
  1. Lakukan instalasi seperti  biasa tinggal di next-next saja;
  2. Setelah selesai menginstal, silahkan tancapakan SD card anda pada komputer atau laptop anda, kemudian buka CardRevovery, anda akan sampai pada tab welcome;
  3. Untuk melanjutkan ke Step-1 tekan Next, pada bagian ini anda harus menentukan beberapa procedure
    • Drive Letter
      Silahkan pilih nama SD Card yang sudah ditancapkan tadi misal Drive E:
    • Camera Brand and File Type
      Silahkan menentukan jenis kamera yang anda gunakan saat mengambil photo, kalau bingung pilih Generic Digital Camera saja
    • Destination Folder
      Pada bagian ini anda bisa menentukan tempat hasil recovery nantinya kalau masih bingung biarkan saja default atau apa adanya.
  4. Kemudian tekan Next untuk menuju ke Step-2, pada bagian ini anda dapat menentukan berapa besar bagian dari SD Carad yang ingin anda recovery, atau biarkan default untuk me-recovery semua bagian SD card, kemudian klik OK maka software CardRecovery akan mulai bekerja memindai setiap alamat  hasil jepretan anda, dan biarkan samapai selesai memindai seluruh photo yang pernah ada;
  5. Setelah hasil pindaian (scan) selesai klik OK, maka anda akan diarahkan pada proses pengembalian seluruh file yang pernah anda ambil sembelumnya dan file yang hilang karena terhapus, dan perlu anda ketahui file hasil recovery bisa melebihi kapasitas SD Card / memori  yang ada tergantung pada jumlah file yang pernah tersimpan pada memori tersebut.
  6. Pada langkah terakhir, untuk melihat hasil recovery, silahkan klik Open Recovered Files Folder maka anda akan diarahkan pada tempat atau folder hasil recovery, seperti gambar berikut:

    Cara Recovery File Photo yang Terhapus dari SD Card 99% Berhasil
Demikian hasil pengalaman saya mengenai bagaimana cara menangani masalah kehilangan file photo karena terhapus baik sengaja maupun tidak sengaja, dan selama hasil pengalaman saya ini hasilnya cukup memuaskan karena hampir 99% berhasil di kembalikan dan 1%-nya tidak dapat dibuka atau terbuka setengah saja.

Besar harapan saya artikel ini dapat membantu dan menghibur kesedihan anda heheh.....! 
Jika artikel ini memberi manfaat tinggalkanlah komentar dibawah artikel ini atau bagikan buat teman-teman yang lain agar mereka juga terbantu.

2 komentar:

  1. Artikel mantab jiwa .tapi berbayar ya. Yang full free ada kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gan berbayar, tapi hasilnya memuaskan. kalo full free ga ada. terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...