Header Ads

Ini Cara Saya Disetujui Sepenuhnya Oleh Google Adsense

Sumber: Email Google Adsense
Tidak Bermaksud Pamer ya...!
Sebelum saya berbagi pengalaman dan perjalanan hingga permohonan saya disetujui sepenuhnya oleh Google Adsense (GA) kepada anda, yang pertama kali ingin saya ungkapkan adalah rasa bahagia atas diterimanya lamaran saya menjadi publisher pada GA, betapa tidak sebagai seorang blogger pemula penantian saya sejak mengajukan permohonan sudah berbulan-bulan dan bahkan nyaris putusasa karena setelah berselancar banyak pendapat memberikan cara jitu tapi tidak sedikit pula keluhan para pemohon GA karena ditolak bahkan berkali-kali dengan berbagai alasan. beruntung berkat sedikit sisa kesabaran saya untuk menunggu sambil membenahi konten dan tampilan blog saya, akhirnya tiga bulan penantian ini dijawab dengan sebuah email dengan isi :

"Selamat! Akun Anda kini telah disetujui sepenuhnya.
Selamat datang di AdSense! Kami berharap agar kemitraan ini dapat berhasil dan terjalin dalam waktu lama. Jika Anda telah memasang unit iklan di situs, Anda akan mulai melihat iklan aktif yang relevan, dan dapat mulai memperoleh penghasilan dari konten online Anda dalam beberapa jam."

Yang perlu saya garis bawahi adalah entah berhubungan atau tidak atas apa yang saya lakukan disaat penantian selama tiga bulan dan saya juga tidak menjamin pengalaman saya ini akan berlaku sama terhadap blog anda, saya hanya akan berbagi pengalaman untuk anda semoga pengalaman saya ini dapat dijadikan referensi, jika anda juga sedang mengajukan permohonan GA: 

Blog Harus Fokus Pada Satu Topik yang Jelas?

Artikel saya memang masih mebahas dibidang pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), tetapi tidak fokus banget ke satu topik bahasan tertentu, karena saya lebih banyak membahas apa yang saya alami secara langsung, yah.... hitung-hitung sebagai catatan pribadi, ketika saya menemukan masalah yang sama, dapat dengan mudah membukanya kembali. Jadi pendapat saya tentang kefokusan konten saat mengajukan permohonan ke GA menurut para blogger senior dan pemain GA memang penting, tapi anda tidak perlu putusasa hanya karena topik blog anda terlalu luas, karena blog saya diterima dengan sekali mengajukan permohonan walaupun penantian yang cukup lama hehehe...

Pengunjung Blog Harus Banyak?

Mungkin ada benarnya kalau semakin banyak pengunjung kemungkinan diterima GA semakin besar, saya belum sepenuhnya paham bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung apalagi ngomongin SEO sepertinya masih perlu belajar banyak dari para masta blogger, saat ini yang saya lakukan membiarkan pengunjung datang secara organik, dan sedikit berbagi di media sosial. 
Sampai permohonan ini disetujui pengunjung yang mampir keblog saya masih diantara 200 sampai 600 pengunjung perhari, bahkan ga jarang di bawah 200 pengunjung perhari, jadi menurut saya trafik pengunjung yang tinggi mungkin baik agar banyak kemugkinan iklan di sentuh, tapi untuk pengajuan GA bagi anda yang pengunjung blognya masih seperti saya, tidak perlu khawatir berlebihan untuk mengajukan permohonan GA.

Tips sedehana yang dari saya
Anda perlu mensiasati dengan cara menanamkan link internal, misalnya pasang link yang jarang dikunjugi pada post anda yang populer kalau bisa yang relevan dengan topik bahasannya, buat mereka tertarik untuk membacanya.

 

Artikel (Postingan) Blog Harus Banyak?

Sampai blog saya diterima oleh GA jumlahnya baru 31 Post, itupun dalam satu post saya tidak menulis terlalu panjang lebar sehingga terkesan banyak tulisan, karena isi post saya hanya berupa petunjuk, tutorial sederhana tapi to the point, dan pastinya bukan copas dari tetangga, jadi sederhanaya banyak memiliki post mungkin baik apalagi semua karya sendiri. jadi kalau anda berniat atau terlanjur mengajukan permohonan tetapi post anda jumlah kira-kira sama seperti jumlah post saya, ga perlu terlalu cemas menanti persetujuan GA.

Kalau Topik Blog juga ga jelas, pengujung juga ga banyak dan Post juga belum seberapa, lantas apa yang saya lakukan selama penantian ?

Tetap Menulis Artikel Dimasa Penantian (Review)

Entah berpengaruh atau tidak selama penantian saya menulis 3 buah artikel untuk membuktikan keseriusan saya menjadi seorang blogger kepada GA, ciee...!

Membenahi Menu Navigasi

Sebenarnya saya sudah memasang widget label pada blog artinya pengunjung sudah dapat memilih rumpun artikel berdasarkan label atau kategori artikel, tapi saya juga membuat menu bar berdasarkan label.

Menambahkan Sitemap (Peta situs)

Tujuan saya membuat sitemap, agar terlihat keren dan seo friendly dan kata para masta blogger katanya untuk memudahkan para robot menelusuri konten blog. Jika anda tertarik membuat sitemap ala-ala saya silahkan baca artikel berikut ini.


Menambahkan Halaman Tentang Blog

Untuk memperkenalkan diri sebagai pemilik blog biar ga terkesan menyesatkan minimal memberikan gambaran tentang blog saya dan mencatumkan alamat email agar pengunjung dapat menghubungi saya setiap saat, itulah sebabnya saya memasang halaman "tentang" pada blog saya. Ada pengaruhnya ga ya dengan permohonan GA? itu hanya tim penilai GA yang tau.

Mebuat Halaman Kontak

Saya juga membuat halaman kontak, pada halaman ini saya maksudkan memudahkan pengunjung blog saya memberikan masukan, pertanyaan yang berkaitan dengan artikel saya, mereka dapat mengirim email langsung dari halaman kontak ini.

Membuat Halaman Privacy Policy & Terms and Conditions

Selanjutnya yang saya lakukan adalah membuat halaman Privacy Policy & Terms and Conditions agar blog saya terkesan profesional yang isinya kebijakan umum dan syarat serta ketentuan umum untuk mengatur pengunjung blog saya dan saya tidak berani memastikan tapi mungkin GA memerlukan ketentuan seperti ini, untuk melihat keseriusan kita sebagai pengelola blog.

Membaca Kebijakan Google Adsense

Menurut saya membaca kebijakan GA adalah hal yang paling penting agar kita dapat memenuhi apa yang inginkan oleh GA dan selalu pada koridor yang sudah ditentukan, silahkan anda baca Kebijakan Adsense untuk Pemula

Untuk sementara itu yang saya ingat selama tiga bulan penantian dimansa review oleh tim ahli Goggle Adsense, semoga anda yang membaca artikel ini dan sedang menunggu persetujuan dari pihak GA, dapat memberikan hiburan serta informasi tambahan.

Sebagai penutup, sekali lagi saya menulis artikel ini tidak bermaksud untuk pamer, tapi hanya sekedar berbagi informasi bagi para calon publiser GA yang masih galau menunggu kepastian dari tim GA. Saya doakan permohonan anda menjadi publiser Google Adsense segera disetujui, dan mulai mengumpulkan rupiah agar segera bisa gajian tiap bulan. Okey....!

2 komentar:

  1. Selamat untuk agan blogon, semoga tambang adsense nya berkah. Salam kenal gan. Sama-sama pemula, saling support yuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan atas doanya. salam kenal semoga blog agan juga rame pengunjung ya

      Hapus

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...