Header Ads

Ini 10 Tips Penting Wajib Diketahui Pengguna Ms Word 2016


Pada tahun 90an Microsoft Word (Ms Word) dideklarasikan sebagai Word Perfect dan menjadi standar defacto dalam pengolah kata, pengembangnya mengumpulkan beberapa fitur baru yang akan membantu memudahkan setiap penggunanya. Walaupun tidak semua fitur dibutuhkan dan dapat digunakan oleh setiap pengguna, namun ada beberapa hal penting, setiap pengguna harus tahu. Jika Anda baru mengenal Word atau ingin memantapkan keterampilan Anda di bidang pengolahan kata menggunakan Ms Word, inilah beberapa hal terbaik yang perlu diketahui, baik Anda sebagai seorang pelajar, pengguna biasa atau memulai pekerjaan baru itu. bagi anda yang belum memiliki Ms Word 2016 bisa menjelajah dan membeli dari Microsoft,

Berikut adalah tips penting yang wajib diketahui pengguna Ms Word 2016, yang sudah dirangkum berdasarkan pengalaman menggunakan Ms Word dan beberapa pertanyaan dari pengguna.

1) Tata Letak Halaman (Page Layout) menggunakan Page Break

Jika Anda ingin gesit dengan bagaimana Anda mempersiapkan dan mencetak dokumen Anda, Page Breaks dengan campuran layout dokumen dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda. Page Break memungkinkan Anda berhenti dan memulai entri teks di lokasi tertentu dalam dokumen. Ini sering digunakan saat membuat kolom teks tapi juga digunakan untuk dokumen biasa juga.
Untuk membuat jeda halaman, anda dapat melakukan dengan cara berikut :

  • Pilih tab Layout, klik Breaks kemudian pilih Next Page. Ini akan menempatkan kursor pada halaman baru, yang memungkinkan penerapan tata letak dokumen yang berbeda seperti landscape atau ukuran kertas legal.

    Page Layout

  • Jika ingin memodifikasi ukuran kertas pada halaman baru saja misalnya, Lanjutkan untuk memodifikasi disain halaman, klik tab Layout pilih Size lalu pilih layout ukuran legal.

    Setting ukuran kertas berbeda

2)  Mengambil Gambar secara masal Dokumen lain


Jika Anda menerima dokumen dengan banyak gambar, dan Anda ingin menyalin semua gambarnya saja dari dokumen tanpa harus melakukannya satu per satu, berikut adalah cara mudah untuk melakukannya.

  • Buka dokumen yang berisi banyak gambar kemudian klik File => Save As => klik di kotak daftar File type lalu pilih Web Page kemudian Save. semua file gambar akan tersimpan dalam satu folder.
  • Untuk menggunakannya pada dokumen lain, klik Browse ke tempat folder yang berisi gambar yang sudah disimpan sebelumnya lalu salin gambarnya.
Mengambil Gambar Secara masal dari dokumen lain

3)  Memotong Foto/Gambar (cropping)


Ms Word menyertakan alat pengeditan yang hebat yang dapat melakukan lebih dari sekedar mengelola teks. Jika Anda harus bekerja dengan gambar, Anda dapat mengakses beberapa opsi pemformatan. Secara umum adalah memotong foto ke dimensi yang tepat.
Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pilih dan klik gambar, yang akan mengaktifkan Picture Tools dibagian toolsbar,
  • Pilih Format, klik tombol Crop, lalu gunakan jangkar untuk menyesuaikan dan menerapkan dimensi yang diinginkan,
  • Klik tombol Crop lagi untuk menerapkan perubahan.

    Memotong Foto/Gambar (cropping)

 4)  Tempel (paste) Teks tanpa Format

Dijaman sekarang banyak referensi diambil dari artikel sebuah website atau referensi softcopy lainnya, nah ketika anda mengambil referensi tersebut banyak diatara kita langsung meng-copy-paste dari halaman website ke Ws Word. Jika Anda merujuk sebuah informasi dari sumber online seperti Wikipedia, terkadang menyalin informasi secara langsung ke Ms Word dapat memiliki beberapa efek yang hampir mirip dengan sumbernya. Terkadang kita mungkin tidak ingin menyimpan format aslinya.
Selain itu, perlu diketahui paste tanpa format prosesnya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan format. Untuk melakukan hal itu perhatikan 2 cara dibawah ini:
Cara pertama
  • Salin beberapa teks dari sumbernya. buka Ms Word, lalu klik menu Paste.
  • Klik tombol Paste Unformatted untuk memasukkan teks tanpa format. jadi teks secara otomatis menyesuaikan kedalam format yang sudah ada.
  • Copy Paste tanpa Format

Cara kedua
  • Salin beberapa teks dari sumbernya. buka Ms Word, tekan Ctrl+Alt+V.
  • Pilih Unformatted Texts  kemudian klik OK.

5) Pilih Kalimat (Non-Adjacent Text) dengan cepat


Diperkenalkan di Word 2002, ini telah menjadi fitur lama yang diminta selama bertahun-tahun. Jika Anda perlu menyalin sebuah kalimat dalam dokumen atau menerapkan format khusus ke tajuk, misalnya, inilah cara terbaik untuk melakukannya.
Caranya tekan dan  tahan tombol Ctrl (Control) pada keyboard, sembari menahan tombol Ctrl kemudian gunakan klik kiri pada mouse untuk membuat pilihan kalimat dalam dokumen.

Pilih kalimat dengan cepat


6)  Merge dan Split Cells dalam Tabel


Bekerja dengan tabel dalam dokumen Ms Word bisa menjadi rumit dan membosankan tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Jika Anda membuat formulir, misalnya menggabungkan sel adalah aktivitas umum yang mungkin perlu dilakukan.
Untuk melakukannya, buatlah seleksi sel di dalam tabel lalu manfaatkan fitur Merge Cells untuk menggabungkan cells, Split Cells berfungsi untuk memisahkan cells dan Split Table untuk memisahkan tabel perhatikan kotak merah pada gambar dibawah ini.

Merger dan Split tabel

7)  Kurangi Ukuran Gambar dalam dokumen Word


Jika Anda membuat laporan tahunan yang berisi banyak grafis, ini bisa menyulitkan untuk mengedit dan membagikan dokumen Anda. Anda dapat mengurangi ukuran dokumen Anda untuk berbagi dengan menggunakan Compress Image Feature, pelajari lebih lanjut artikel berikut ini:

Kurangi Ukuran  File Gambar

Pelajari lebih detail : Cara Mengurangi Ukuran Gambar pada Dokumen.

8)  Memanfaatkan Mail Merge


Mail Merge adalah salah satu fitur klasik Ms Word yang digunakan untuk menghasilkan dokumen massal yang berisi informasi unik. Beberapa contoh yang bisa membantu mencakup brosur, buletin, atau materi yang digunakan dalam surat massal. Jika Anda bekerja di kantor, ini adalah fitur penting dari Microsoft Word,  Anda harus tahu:

Mail Merge

Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word juga kita akan bahas berikutnya

9)  Memperbaiki (Recover Files) dari dokumen Ms Word yang  korup

Kadangkala hal-hal yang tidak diharapkan bisa terjadi pada dokumen yang sudah susah payah anda buat, andai saja Anda tidak dapat membuka dokumen Ms Word, itu bisa jadi tanda-tanda dokumen anda rusak. Untuk memulihkan dokumen, lakukan cara dibawaha ini:
  • Jalankan Microsoft Word, 
  • Klik File kemudian pilih Open
  • Cari lokasi dan pilih dokumen yang anda anggap rusak.
  • Klik menu Open lalu pilih Open and Repair.

    Recovery File Ms Word

Perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak sepenuhnya berhasil, ada kasus tertentu tidak berhasil saya recovery

10)  Menjalankan Ms Word pada Safe Mode


Meskipun jarang mengalami masalah stabilitas dengan Ms Word, hal itu memang terkadang terjadi dari waktu ke waktu. Jika Word tidak dimulai dengan benar, seperti Windows, Anda bisa memulainya di Safe Mode. caranya adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol lambang Windows + R  pada keyboard, maka akan
  • Ketik: winword /safe kemudian klik OK. Ini akan membuka Word dan mendisable add-on apapun yang mungkin mencegah aplikasi bekerja. Anda kemudian dapat mencoba membuka dan mengedit dokumen Anda.

    Menjalankan MS Word pada Safe Mode
Demikianlah pembahasan tentang tips bagi pengguna MS Word 2016 kali ini, semoga memberi manfaat bagi kita semua, dan jika masih ada yang kurang atau ada yang perlu diperbincangkan, silahkan tinggalkan komentar ya.

Tidak ada komentar

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...