Header Ads

Cara Mengurangi Ukuran Gambar pada Dokumen Ms Word 2016


Apa pentingnya anda harus mengetahui cara untuk mengurangi (baca: memperkecil ukuran, misal 2kb menjadi 1kb) ukuran setiap gambar yang ada pada dokumen Microsoft Word (Ms Word)?
Jika anda membuat dokumen Ms Word dengan banyak gambar, bisa jadi hal ini membuat sharing (via internet) dokumen sulit dilakukan karena kendala ukuran file yang terlalu besar. Ukuran gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital atau kamera smartphone bisa sangat besar, yang dapat mempersulit untuk berbagi dokumen anda tetapi juga memakan waktu yang cukup lama membuka dan saat melakukan gulir dokumen. Jika Anda menggunakan koneksi internet yang cepat, itu bukan masalah besar, tapi bagi mereka yang memiliki koneksi terbatas, dokumen dengan banyak gambar bisa menghabiskan banyak waktu dan bahkan menghabiskan paket data. 
Untuk itu mari pelajari cara mengurangi ukuran file gambar dalam dokumen Ms Word 2016 tetapi cara ini juga berlaku untuk Ms Word versi sebelumnya hanya saja yang berbeda adalah tampilan antar muka Ms Wordnya.

Langkah Pertama

Buka (luncurkan) Ms Word dengan dokumen baru (New Documents) atau file dokumen yang sudah ada yang ingin anda sisipkan gambar atau bisa juga dokumen yang sudah berisi gambar.

Langkah Kedua

Pilih dan klik gambar, lalu perhatikan Picture Tools dibagian Toolsbar klik tab Format, kemudian klik Compress Pictures dalam grup Adjust.


Misalnya salah satu contoh: pilih dan klik radio button E-mail, dan klik OK, perintah ini akan secara otomatis mengurangi ukuran dokumen sehingga memudahkan untuk berbagi melalui jaringan.
Berikut saya akan jelaskan sedikit maksud dari fitur Compress Pictures:

Compression options

  • Apply only to this picture;Maksudnya kompresi (diubah sizenya) gambar, hanya akan dilakukan pada gambar yang anda pilih saja.
  • Delete cropped areas of picturesPilihan ini akan memungkinkan anda untuk mengurangi ukuran gambar yang pernah anda crop (potong) sebelumnya menjadi ukuran tertentu, sehingga dapat memperkecil ukuran dokumen.

Target output

  •  HD (330 ppi): good quality for high definition (HD) displays;Maksudnya adalah anda diberi pilihan untuk tetap mempertahankan kualitas gambar dengan dengan menurunkannya menjadi menjadi 330 ppi.
  • Print (220 ppi): excellent quality on most printers and screens;
    Maksudnya anda diberi pilihan untuk mempertahankan kualitas sampai 220 ppi, agar saat dicetak kualitas gambar tidak terlalu abstrak.
  • Web (150 ppi): good for web page and projectors;Maksud pilihan ini berguna untuk kompresi gambar jika diperlukan untuk sharing pada website dengan resolusi 150ppi.
  •  E-mail (96 ppi): minimize document for sharing;Maksud pilihan ini berguna bagi anda yang ingin mengirim dokumen yang berisi gambar melalui e-mail, pilihan ini akan membantu anda pada saat proses attachment dokumen.
  • Use document resolution. Dan bagian pilihan ini menyesuaikan dengan resolusi dokumen anda.

Mengubah ukuran gambar secara manual juga dapat mengurangi ukuran dokumen Anda. Pilih gambar dan gunakan jangkar untuk mengubah ukurannya. Pilihan ini sangat cocok untuk dokumen panjang atau presentasi dengan banyak ilustrasi. Anda tetap dapat menyampaikan pesan Anda tanpa mengorbankan kualitas dokumen penting dan relevan Anda.


Demikian artikel sederhana dari saya, saya berharap sekarang anda dapat berbagi dokumen yang berisi gambar tanpa harus kuatir kehabisan waktu dan paket data.

Tidak ada komentar

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...