Header Ads

Istilah Frontend dan Backend pada dunia Web developer

 

Artikel ini terbit berdasarkan pertanyaan beberapa teman yang penasaran dengan istilah FRONTEND developer dan BACKEND developer, untuk itu saya mencoba menulis dan menjelaskan berdasarkan pemahaman saya tentang itu, jadi kalau ada para master yang kebetulan membaca dan perlu ditambahkan silahkan di komentari ya. Biasanya istilah ini digunakan oleh perusahaan besar yang bergerak dibidang pengembang web atau aplikasi sejenis ketika memisahkan profesionalitas pekerjanya menjadi pekerja profesional dengan kekhususan atau spesialis.
Berdasarkan uraian di atas mari kita perjelas apa sebenarnya instilah tersebut:

Frontend Developer

Berdasarkan terjemahannya Frontend Developer berarti "Pengembang bagian depan", dengan demikian saya bisa jelaskan Frontend Developer adalah mereka para programmer yang bertugas untuk membuat tampilan web yang akan diakses dan dilihat oleh user, pada bagian ini dituntut memiliki kemampuan dibidang desain antarmuka sebuah web agar menarik dan memudahkan pengguna berinteraksi dengan web. Untuk mendukung keahlian dibidang desain web mereka harus menguasai Html, CSS (Cascading Style Set), Javascript dan bahasa pemrograman yang berkaitan desain web yang ditampilkan oleh browser.

Backend Developer

Sedangkan istilah Backend Developer adalah mereka yang mempuyai keahlian mengintegrasikan desain web yang sudah dibuat oleh bagian Frontend yaitu berkaitan dengan server dan database. Mereka ini dituntut menguasai bahasa pemrograman seperti PHP,  MySql atau bahasa perograman sejenis agar user seperti Administrator web dapat melakukan CRUD (create,read,upadate, delete) dan pengunjung umum dapat melakukan sesuatu berdasrkan hak aksesnya.

Kesimpulan

Jadi biasanya istilah Frontend dan Backend adalah untuk memisahkan keahlian seseorang dalam pengembangan sebuah aplikasi berbasis web, jadi akan terlihat keahliannya dibagian mana, tetapi kalau saya mengembangkan sebauh web sendiri mulai dari merancang membuat desain hingga online memang pekerjaan yang sangat berat dan hasilnya pun kurang maksimal, Nah jika anda baru saja berniat untuk mengembangkan aplikasi berbasis web ada baiknya anda mengumpulkan banyak orang atau teman yang ahli dibidang masing-masing.

Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang nanti akan diperbaharui lagi.



2 komentar:

  1. Baru tau istilah diatas. Taunya hanya blogger, hehehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, itu istilah mastah web, tapi biasanya pemula semua digarap...frond dan end

      Hapus

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...