Header Ads

Belajar Dasar-Dasar SQL (Structured Query Language) Syntax

Menurut Sejarahnya dari berbagai sumber SQL dikembangkan oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce pada pertengahan tahun 1970. Pada jaman kuliah dulu pengertian SQL merupakan bahasa komputer berstandar ANSI (American National Standart Institu) yang terdiri dari sekumpulan perintah untuk membuat, menghapus, memperbaiki  database yang dikenal dengan istilah DDL (Data Definition Language), sedangkan untuk menambah, melihat, memperbaharui dan menghapus data pada database disebut dengan DML (Data Manipulation Language) dan yang lain adalah perintah yang gunakan untuk mengatur hak akses kepada pemakai desebut dengan DCL (Data Control Language).
Nah karena saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang asal usul SQL jadi silahkan konsentrasi pada dasar-dasar SQL syntax sesuai dengan topik artikel ini.
Berikut adalah dasar-dasar SQL Syntax yang sudah pernah saya terapkan pada PHP dengan MySql Database:
  1. Perintah INSERT INTO

    • "INSERT INTO mahasiswa (nim,nama,alamat,jurusan) VALUES ('12345', 'Made', 'Jl. G.Obos', 'Pendidikan')"
      penjelasan : menambah data ke dalam tabel mahasiswa sesuai dengan kolom (nim,nama,alamat,jurusan) yang didefenisikan, artinya kolom dapat didefenisikan sesuai dengan kebutuhan contoh : (nim,nama) VALUES ('12345', 'Made')
    • "INSERT INTO mahasiswa VALUES ('12345', 'Made', 'Jl. G.Obos', 'Pendidikan')"
      Penjelasan : menambah data ke dalam tabel mahasiswa, karena kolom tidak didefenisikan maka VALUES seluruh kolom harus diisi data.
  2. Perintah SELECT

    • "SELECT * FROM mahasiswa"
      penjelasan : untuk mengambil seluruh data dari seluruh kolom yang ada pada tabel mahasiswa.
    • "SELECT nim, nama FROM mahasiswa"
      penjelasan : untuk mengambil seluruh data dari kolom tertentu (nim dan nama) yang ada pada tabel mahasiswa.
    • "SELECT nim, nama FROM mahasiswa WHERE nama='I Made P' "
      penjelasan : untuk mengambil data yang hanya sama dengan I Made P dari kolom tertentu (nim dan nama) yang ada pada tabel mahasiswa
    • "SELECT DISTICNT jurusan FROM mahasiswa " penjelasan : untuk mengambil data ganda dari kolom Jurusan yang ada pada tabel mahasiswa, tetapi yang ditampilkan hanya 1 (satu) saja. sebagai contoh : ada 10 mahasiswa dengan jurusan Pendidikan dan 5 mahasiswa dengan jurusan Hukum maka data yang yang tampilkan adalah 1 Jurusan pendidikan dan 1 jurusan Hukum.
    • "SELECT * FROM mahasiswa LIMIT 2 "
      Penjelasan : menampilkan hanya dibatasi 2 data saja dari seluruh data yang ada pada tabel mahasiswa 
    • "SELECT * FROM mahasiswa ORDER BY nama ASC"
      Penejelasan : menampilkan data yang di urutkan berdasarkan kolom nama dari A~Z (ASC) dari tabel mahasiswa, ASC (Ascending) dapat diganti dengan DESC (Descending) untuk mengurutkan data dari Z~A
    • "SELECT * FROM mahasiswa WHERE nama='Made' AND nama='Yuki'"
      Penjelasan : menampilkan data hanya yang bernama Made dan Yuki dari seluruh data yang ada pada tabel mahasiswa
  3. Perintah UPDATE

    • "UPDATE mahasiswa SET nama='Made P', alamat='Jl. Ayani' WHERE nim='12345'"
      Penjelasan : memperbaharui data kolom nama dan kolom alamat pada tabel mahasiswa dengan nim mahasiswa 12345.
  4.  Perintah DELETE

    • "DELETE FROM mahasiswa WHERE nim='12345'"
      Penjelasan : menghapus data yang ada pada tabel mahasiswa dengan nim mahasiswa 12345. pastikan dasar untuk menhapus data pada tabel itu ada (WHERE nim'12345) jika tidak didefenisikan maka seluruh data yang ada pada tabel akan terhapus. 
     
Demikian dasar-dasar SQL yang biasa saya gunakan pada aplikasi PHP dan MySql database. semoga bermanfaat buat anda yang lagi belajar SQL. Jika anda memiliki artikel yang menarik dan ingin di publikasikan silahkan hubungi saya.

Tidak ada komentar

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...