Header Ads

Cara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsApp

Cara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsApp

WhatApp memang salah satu sosial media yang paling digemari sebagai sistem komunikasi menggunakan data, tetapi masih ada beberapa diantaranya menimbulkan keluhan bagi pengguna WhatsApp, terutama bagi mereka yang memiliki banyak grup dan mengunggah berbagai Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen). Nah disini perlu anda ketahui ketika fitur unduh otomasis media pada WhatsApp masih menyala maka setiap unggahan Foto, Audio, Video dan Dokumen dari anggota grup anda, atomatis akan terunduh (selama ada ruang memori dan paket data tentunya), hal ini akan jadi masalah  bagi mereka yang tidak memiliki cukup memori atau paket data yang pas-pasan.

Tapi anda dapat mematikan fitur unduh otomatis ini agar anda dapat memilih dan mengunduh hanya gambar atau  video yang anda anggap perlu. Ikuti  langkah-langkah setelan berikut:

  1. Langkah Pertama: Buka WhatsApp anda kemudian pastikan anda berada posisi CHATTING, kemudian dipojok kanan ada 3 titik dan klik titik itu maka akan muncul dropdown menu, pilih dan klik Setelan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsApp

  2. Langkah Kedua: Klik Penggunaan Data maka akan tampil Menu Unduh Otomatis Media yang terdiri dari 3 sub menu yaitu:
    • Saat menggunakan data seluler;
    • Saat tersambung ke Wi-Fi;
    • Saat roaming;

    Cara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsAppCara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsApp
  3. Langkah Ketiga: Lakukan pengaturan ketiga submenu diatas, dan pastikan semua checkbox tidak tercentang, kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.

    Cara Mematikan Unduh Otomatis Media (Foto, Audio, Video dan Dokumen) Pada WhatsApp
Nah dengan pengaturan seperti ini, anda tidak lagi perlu kawatir dengan memori smartphone yang kecil atau paket data yang pas-pasan, dan yang pasti anda tidak perlu keluar grup yang mungkin akan memberikan informasi bermanfaat bagi kehidupan anda, ya kan?

Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat dan artikel ini ditulis serta dipublikasi berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa keluhan dari teman-teman dekat.

No comments

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...