Header Ads

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula #Bagian 1: Memulai Lembar Kerja

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

Walaupun sangat banyak tutorial tetang Ms Excel di dunia maya baik dalam bentuk tulisan seperti ini maupun dalam bentuk video pada chanel youtube tapi masih ada ada teman-teman yang malas mengaksesnya entah apa alasan mereka dan beberapa juga meminta saya untuk membuat artikel atau video tentang Ms Excel, akan tetapi baru kali ini saya sempat membuat tutorial tentang penggunaan Ms Excel, semoga saja saja bisa membuat tutorial Ms Excel ini sampai tuntas. mohon doanya ya..!

Pada kesempatan ini saya mulai membuat sebuah artikel dari awal, bagaimana membuat file baru dan menyimpannya, ini memang terkesan remeh bagi mereka yang sudah mengenal bahkan menguasai Ms Excel, tetapi saya fikir permulaan ini juga sangat berarti bagi mereka yang sama sekali tidak pernah menyentuhnya, jadi jika anda sudah pernah mengenal Ms Excel, saya harap anda bersabar untuk menunggu tutorial bagian ke 2 dan seterusnya.

Pada artikel ini saya sudah upayakan menyertakan video yang dapat anda lihat pada bagian bawah artikel ini. Pada pelajaran Bagian 1 ini kita akan membahas 8 sub materi sederhana sebagai awal penggunaan Ms Excel 2016, tetapi artikel ini masih dapat digunakan pada versi sebelumnya karena (menurut saya) hal-hal perinsip pada Ms Excel tidak jauh berbeda pada setiap versi.

Baik, daripada berpanjang lebar bercerita, kita mulai saja pelajaran pertama, silahkan simak dengan seksama, jika belum paham silahkan simak videonya atau tinggalkan komentar dibawah ini.

1. MEMBUAT DAN MENYIMPAN FILE BARU

  • Bagi anda yang baru saja memulai menggunakan Ms Excel silahkan klik 2kali icon Ms Excel pada desktop atau telusuri di program menu untuk memulai, jika anda menemui Ms Excel dalam keadaan terbuka silahkan tekan tombol Ctrl + N pada keyboard atau klik menu File => New dan pilih Blank workbook maka akan terbuka jendela baru.
Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)
  • Kemudian untuk menyimpannya tekan tombol Ctrl + S, kemudian silahkan pilih direktori tempat penyimapannya, pada Ms Excel dibawah 2016 secara default biasanya file akan tersimpan pada folder documends, setelah anda menentukan direktori berinama pada file anda pada bagian File name agar anda lebih mudah mengenali pada saat akan membuka dikemudian hari, lalu klik Save untuk menyimpan.

    Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)


2. MENGATUR LEBAR KOLOM ATAU BARIS

  • Untuk mengatur lebar kolom dan tinggi baris cukup mudah jika mengubahnya hanya satu kolom atau baris, tinggal klik dan drag kiri-kanan pada garis diantara huruf bagian atas untuk kolom atau klik dan drag naik-turun pada garis diantara angka, perhatikan saat megarahkan ke garis tersebut pastikan kursor berubah menjadi tanda panah berwarna hitam.
  • Sedangkan untuk mengatur beberapa kolom atau baris caranya:
    • Untuk kolom : pilih beberapa kolom yang akan anda atur lebarnya, caranya tekan alt > H>O>W pada keyboard atau klik Format pada tab Home dan klik lagi pada Column Width, kemudian isikan angka sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Untuk baris : hampir sama seperti mengatur kolom, cuma bedanya pilih alt > H>O>H pada keyboard atau klik Format pada tab Home dan klik lagi pada Row Width, kemudian isikan angka sesuai dengan kebutuhan anda, perhatikan gambar dibawah
Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

3. MEMBUAT GARIS KOLOM DAN BARIS 

Membuat garis dan kolom anda hanya perlu melakukan seleksi cell yang akan diberi garis dan kolom, kemudian pada tab Home pilih dan klik model gari yang ingin anda buat seperti gambar dibawah ini.

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

4. MENGGABUNGKAN KOLOM ATAU BARIS

Terkadang kita ingin membuat tulisan agak panjang, misalnya sebagai judul jika diletakkan dalam sebuah cell akan kesulitan untuk mebuat simetris terhadap kolom-kolom dibawahnya, untuk membuatnya terlihat cantik anda dapat memanfaatkan merge cells, cara adalah pilih beberapa cell sesuai kebutuhan anda, pada tab Home di grup Alignment klik Merge & Center maka akan seluruh cell yang anda pilih tadinya akan menjadi satu.

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

 

5. MEMBUAT NOMOR URUT

Ketika akan membuat penomoran anda bisa saja mengetiknya satu persatu, lantas bagaimana jika harus membuat 500 nomor? kira-kira membutuhkan waktu berapa lama hanya untuk mengetik nomor hehe, cara sederhananya anda tinggal mengetikan anga 1 pada cell pertama dan angka 2 pada cell berikutnya (berlaku untuk kolom dan baris ya) kemudian blok dua cell yang berisi angka 1 dan 2 tadi, arahkan kursor anda ke sudut kanan bawah cell sehingga kursor berubah menjadi tanda plus warna hitam lalu klik dan drag kebawah atau kesamping.


6. MENGGATUR FONT

Pada contoh ini megatur font dilakukan secara keseluruhan, caranya anda tinggal klik disudut kiri atas pada lembar kerja anda, maka semua cell akan terseleksi, baru kemudian anda dapat mengatur font dengan mudah melalui tab Home pada grup Font, anda dapat mengatur jenis, besar, tebal, miring, garis bawah dan lainnya.

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

7. MENGGANTI NAMA Sheet1

Kenapa perlu menggati nama Sheet? ya karena jika anda bekerja dalam satu file atau workbook dengan banyak Sheet atau lembar kerja, anda akan dengan mudah mengenalinya, caranya adalah dengan cara klik kanan pada Sheet1 lalu pilih Rename atau klik 2kali pada tulisan Sheet1 lalu gantu namanya sesuai kebutuhan  anda.

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)

 

8. MENGATUR LEMBAR KERJA

Setelah anda membuat tugas sederhana ini, jika nantinya ingin di cetak anda perlu mengatur tataletaknya agar terlihat cantik dipandang mata, hal ini anda dapat atur pada tab Page Layout di grup Page Setup. Pada bagian ini anda dapat mengatur ukuran kertas, skala tampilan, margin, posisi dan berapa hal lain dan nanti kita akan bahas dibagian berikutnya.

Belajar Ms Excel 2016 untuk Pemula (Bagian 1: Memulai Lembar Kerja)


Terakhir jangan lupa menekan tombol Ctrl+S untuk menyimpan hasil kerja anda.

Untuk melengkapi artikel ini saya sudah membuat video semoga dapat membantu, silahkan anda simak



Demikian tutrial sederhana kali ini semoga bermanfaat dan segera saya dapat membuat artikel lanjutannya, silahkan jika ada pertanyaan tinggalkan komentar dan jika ingin request artikel tentang ms office dapat melalui form contact


No comments

Beri komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda yang bermanfaat bagi perkembangan SCL dalam menulis artikel cuma-cuma ini, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...