Header Ads

Cara Repair Table is marked as crashed pada Databse MySql

1. Permasalahan

Perkembangan basis data (database) yang merupakan pusat penyimpanan data, database MySql sebagai media penyimpanan data sangat banyak digunakan mulai dari data sederhana hingga hal data penting dan komplek. Seiring dengan itu tidak sedikit pula permasalahan muncul ketika kita menggunakan database salah satunya adalah seperti yang saya alami yaitu data yang sudah tersimpan dalam database bertahun-tahun kini tidak dapat diakses dari aplikasi, ada pesan error yang muncul ketika aplikasi dijalankan, kurang lebih seperti ini "Table is marked as crashed and should be repaired" dan kira-kira maksudnya seperti ini "Tabel teridikasi bermasalah hendaknya diperbaiki", dan memang benar ketika saya mengakases data yang ada pada tabel yang terindikasi bermasalah itu tidak dapat menampilkan rekaman data  secara keseluruhan, ada data yang tidak dapat ditampilkan. hasil analisa saya berdasarkan kenyataan di lapangan permasalahan ini terjadi pada saat proses penyimpanan data melalui aplikasi dari sisi komputer client, dan pada saat bersamaan komputer server juga sedang bermasalah.

2.Pembahasan

Untuk menangani kasus ini cukup mudah, akan tetapi jika kita belum pernah melakukannya maka terasa amat sangat sulit apalagi ditengah kepanikan yang berlebihan dimana data yang tersimpan dalam database harus dapat diakses setiap saat. dengan demikian ikuti langkah-langkah berikut agar tidak kehilangan data penting, dengan asumsi kita sudah pada posisi server aktif dan browser sudah terbuka :
  • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengetahui letak database yang terdapat kerusakan tabel agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya saja seperti gambar 2.1 terdapat dua permasalahan yaitu : 1.Table setting might need to be repaired, 2. Table system_log might need to be repaired.
Gambar 2.1 Contoh permasalahan yang terjadi pada database

  • Langkah Kedua, masuklah ke PHPmyAdmin jika masih menggunakan localhost maka ketikan localhos/PHPmyAdmin dan klik database dengan tujuan agar seluruh database yang sudah pernah dibuat, kemudian pilihlah database yang hendak diperbaiki lihat penampakan gambar 2.2


    Gambar 2.2 Cara masuk ke PHPmyAdmin
  • Langkah Ketiga, pilih dengan memberi tanda centang (checklist) pada tabel (table) yang bermasalah kemudian pilih With selected: pada combobox di bawahnya, tampak seperti gambar 2.3
    Gambar 2.3 Cara memilih tabel yang akan di perbaiki
    Catatan : ada versi server sebelumnya tidak terdapat menu seperti Gambar 2.3 tapi tidak perlu khawatir karena akan dijelaskan pada artikel yang berbeda, agar kita tetap focus pada topik bahasan, perhatikan versinya seperti pada gambar 2.4
    Gambar 2.4 Contoh Versi Server
  • Langkah ke-empat, Perhatikan setelah proses pada langkah ketiga akan terlihat pesan "Your SQL query has been executed successfully", lihat Gambar 2.5.  jika pesan ini sudah tampil berarti tabel yang bermasalah berhasil di perbaiki. selanjutnya periksa kembali data pada tabel tersebut apakah dapat dibuka semua record-nya. pada tahap ini seharusnya seluruh record sudah dapat gunakan kembali.

    Gambar 2.5 Hasil Repair pada dua tabel database

3. Kesimpulan 

Permasalahan sederhana kerap terjadi pada data penting yang terdapat pada database, tapi sepertinya sudah disiapkan cara untuk mengatasinya. Dengan demikian kita tidak perlu panik berlebihan terhadap permasalahan yang dihadapi, langkah yang perlu dilakukan adalah lakukan back Up database setiap terjadi perubahan yang signifikan, carilah solusi dengan cara bertanya kepada teman atau berselancar (browsing) dengan kata kunci yang mirip dengan permasalahan yang dihadapi.
Demikianlah artikel sederhana ini disusun berdasarkan pengalaman di lapangan, dengan harapan bagi siapa saja yang menemui masalah yang sama dapat mengatasi dengan lebih cepat. namun demikian sangat diharapkan masukan dari pengunjung dengan cara memberikan meninggalkan jejak (komentar), jika ada yang mengetahui cara yang lebih sederhana dan lebih simpel untuk mengatasi permasalahan seperti masalah pada artikel ini.

Dapat update artikel Gratis:

Tidak ada komentar

Saya pasti senang jika anda dapat memberi komentar sebagai jejak anda dan masukan atau pendapat anda, bahkan mungkin dapat menjadi referensi bagi teman yang lain juga bermanfaat bagi perkembangan blogon.id dalam menulis artikelnya, tetapi ingat tidak berbau p*rno, sara, tidak memasang link aktif dan tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain ya...